Semesta Sekolahku

Awal Sarah Homeschooling

Setiap peristiwa, apakah itu menyenangkan atau tidak menyenangkan akan memberi makna yang dalam buat kita. Demikian juga dengan awal perkenalan saya dengan Homeschooling, banyak memberi saya arti. Pada masa itu, dapat dibayangkan betapa putri saya yang sejak SD mempunyai prestasi akademik yang bagus harus putus sekolah. Minimal dia minta berhenti ditahun pertamanya di SMP, untuk mengulang ditahun depannya. Padahal, ketika SD dia sempat beberapa kali mendapat rangking satu, dan ngga pernah jauh dari lima besar di sekolahnya

Bu Ines menyarankan saya untuk me-share pengalaman saya dengan Sarah. Berawal dari tidak diterimanya Sarah di sebuah SMP Negri idamananya.Dengan berat hati dia harus sekolah disebuah SMP Swasta. Sebenarnya, Sarah juga amat kecewa dengan ketidak adilan yang dia rasakan. Beberapa temannya, yang dia sangat tahu (teman sekelasnya di SDN) yang NEM-nya ataupun nilai-nilai lainnya berada jauh dibawah dia, bisa lebih beruntung di terima di SMPN tersebut yang menggunakan tes ujian masuk (nilai nem tidak diperhitungkan lagi).Sudahlah…..

Ini membawa dampak. Sarah jadi begitu malas berangkat sekolah. Ketika SD dia begitu semangat ke sekolah (karena dia tim inti Paskibra, Pramuka dll)jadi pemurung. Badannya sering demam tiba-tiba. Mendengar kita (saya dan kakaknya) cerita2 tentang sekolah, dia merasa mual.

Sampai akhirnya dia minta berhenti sekolah, dia ingin ditahun depannya lagi ikut ujian tes masuk lagi di SMP Negri idamannya itu. Itulah awal saya kelimpungan dan bertemu bu Ines di dunia maya. Cerita tentang HS seperti membuat Sarah bangkit kembali. Dia kemudian yang aktif cari tau dan cari info tentang HS. Dia print apa2 tentang HS. Dia aktif baca-baca milis HS.” Tapi umi, yang aktif ibu-ibu semua, umi aja deh yang temenan dulu “ . Sampai akhirnya kita ketemu bu Ines dan bu Yayah di seminar berkemas. Seminar itu sebenarnya untuk lebih meyakinkan Abinya, agar bisa merestui langkah kita.Dan di sana bu Ines memberi kami e-book yang sangat berarti dan dipakai sampai sekarang.

Seperti surat-surat panjang saya sama bu Ines, saya melihat praktisi HS dan keluarga2 muda yang HS, adalah mereka yang lulusan luar negri atau paling tidak lulusan universitas ternama di Indonesia. Minder donk, sebagai ibu rumah tangga yang bahasa Inggrisnya ala kadarnya, dan berselancar di dunia maya, materi HS….bahasa Inggris melulu. Tapi ada jalannya, bu Ellen dengan webnya ‘ ngomongin CM’ amat sangat membantu. Sarah Nuri rajin membaca ataupun mengajarkan kembali apa yang dia pelajari pada adiknya (Tegar dan Zii), e-book itu merupakan menu wajib Tegar selain Iqro.

Kakaknya Sarah,Sofwa ,dia yang kemudian menyarankan Sarah untuk ambil Les di IEC.Karena dia sudah terlebih dahulu les disana. Beberapa bulan Sarah les disana, prestasinya lumayan bagus. Dan dia diminta gurunya menjalani serangkaiaan tes bersama beberapa orang lainnya untuk jadi guru IEC., dan Sarah lulus. Dia jadi guru termuda, mengajar super kids .

Allhamdulillah, Sarah Lesnya sekarang gratis, dan punya banyak fasilitas untuk menunjang HS-nya. Jika Sarah terus ngajar dan prestasinya bagus dijanjikan dapat bea siswa untuk kuliah. Allhamdulillah.

Like · · Unfollow Post · Share · Delete

Imelda Rosa D, Ningsih Alnada Sani, Evie Sufiani and 33 others like this.

최이네스
Terima kasih ceritanya Bu Neneng. Saya ingat waktu itu DH dan Sarah naik angkot ke Ragunan ya Bu. Waktu cepat berlalu. Semoga Semangat Sarah menular ke orang lain. Tidak bisa sekolah tidaklah akhir segala-galanya. Ijazah/legalitas yang maha…See More
April 4, 2011 at 1:45pm · Like · 6

Ekawati Indriani Terima kasih untuk berbagi ceritanya, Bu Neneng dan Bu Ines. Mata saya berkaca-kaca membacanya. Jika ada kemauan, selalu ada jalan. Allah selalu memihak orang-orang benar yang lurus jalannya.
April 4, 2011 at 1:49pm · Like

최이네스 Biaya 600.000 tersebut resmi berkwitansi dari perwakilannya di Indonesia, tidak perlu bolak balik datang, formulirnya diemail dan kita kirim balik lewat TIKI/pos dijamin tidak ada biaya siluman atau perantara siluman. Semuanya transparan dan bersih.
April 4, 2011 at 1:50pm · Like · 3

Neneng Marlia Iya bu Ines, terima kasih…ketulusan dan semangat berbagi teman-teman di HS begitu mengharukan, hal-hal yang bagi saya tadinya begitu tak terjangkau, ternyata saya bisa menikmatinya…artikel dan ebook yang diberikan bu Ines gratis,inspirasi dari mba Lala dan keluarga, dan yang lainnya..
April 4, 2011 at 1:57pm · Like · 3

Neneng Marlia Saya sangat tertarik bu Ines, Insya Allah…sarah berusaha kesana, biayanya terjangkau, tinggal Sarah yang harus belajar lebih giat….
April 4, 2011 at 2:04pm · Like

Pratiwi Iñtan NataLia Wah..ikut senang ya…Mb Ines, Mb Neneng…semoga anak2 yang lain juga terinspirasi utk bisa hebat spt Sarah. boleh minta info ebook-nya ? anak saya suka bgt bljr b. Inggris juga
April 4, 2011 at 2:14pm · Like

Andini Rizky Wow inspiratif.
April 4, 2011 at 2:23pm · Like

Mira Julia Luar biasa bu. Senang sekali mendengar ceritanya. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi siapapun untuk maju. Tak ada apapun dan siapapun yang bisa menghalangi kita untuk maju. Passion dan kerja keras bu Neneng dan Sarah sudah menjadi buktinya..🙂
April 4, 2011 at 2:23pm · Like · 1

Heriyanto Notoseputro bu HS apa?
April 4, 2011 at 2:50pm · Like

Gita Lovusa subhanallah.. semoga jalannya sarah ke depannya semakin cemerlang ya, bu..
April 4, 2011 at 3:04pm · Like

Neneng Marlia Pa Her, sarah ikut Homeschooling…..
April 4, 2011 at 3:24pm · Like

Heriyanto Notoseputro
o …. wuih bagus y prestasinya, yang mesti sll kita ingat adalah. jangan pernah kita manusia merasa sukses, karena sukses itu bukan tujuan, sukses itu proses panjang, yang harus selalu kita landasi dan sikapi dengan kemahacerdasan firmanNy…See More
April 4, 2011 at 3:31pm · Like

Ninna Meilina A yoo… Sarah pasti bisa. Semangatnya memberi inspirasi buat anak2ku. Semoga bisa istiqomah ya nak…, perjalanan masih panjang, tapi sarah dan ummi sudah memulai dengan cara yang benar, InsyaAllah akan menuai hasil yang baik…. Amien.
April 4, 2011 at 3:37pm · Like · 1

Esty Sulistiati baru tau, bu neneg tu taman wisma asri, bekasi ya?? satu kampung dong sama saya ^_^
April 4, 2011 at 4:05pm · Like

Wahidah MiZu Dua gak tahan pingin nangis… hiks.. maju terus ya sarah dan bu Neneng.. boleh kah di share kembali?
April 4, 2011 at 4:26pm · Like

Rika Adinda · Friends with Yudi Arianto and 24 others
terharu sekali… tetap semangat ya sarah… dan juga ibunya.. btw, ebook yg dimksd itu yg mana ya bu?
April 4, 2011 at 5:07pm · Like

Nur Rahmawati · Friends with Mira Julia and 2 others
subhanauloh…semangat buat sarah..doa bu neneng diijabah alloh..senang membaca pengalaman ibu
April 4, 2011 at 5:12pm · Like

Ikeu Hastikasari congrats y ka
April 4, 2011 at 5:28pm · Like

Siti Julaeha Weissttt, Sarah ngajar di IEC ??? keren lo Sar🙂
April 4, 2011 at 5:33pm · Like

Ratna Kusuma Halim terharu baca kisah bu Neneng & Sarah, sangat inspiratif, terus maju ya bu Neneng & Sarah, teriring doa kami utk keluarga ibu
April 4, 2011 at 5:38pm · Like

Siti Julaeha Jadi pengin cerita….Aku jadi saksi deh, tempat curhatnya sarah diawal-awal HS. Gabrukin pintu kamar, nangis…hampir tiap hari deh si sanur, disindirin tetangga….sebagai anak putus sekolah….anak yg cuma jadi tukang nyuapin makan adiknya…dll….oke sarah, terus maju!!! buktikan merahmu….(semangat !!!!!)
April 4, 2011 at 5:41pm · Like · 4

Maya A Pujiati Mbak Neneng Marlia: Puteri saya Azkia juga sedang kursus di IEC dekat rumah kami. Senang menerima kabar ini. Anak-anak bisa melejit ketika mereka memang punya antusiasme belajar dan ada wadah untuk memfasilitasinya. Semangat terus keluarga HE!
April 4, 2011 at 7:01pm · Like

Dindin Oktorudin ga sia2……dehh……maju terus
April 4, 2011 at 9:13pm · Like

G. Lini Hanafiah ‎Neneng Marlia: di babelan? dekat dengan saya dong. saya di Harapan Indah dekat sekolah St. John. Sarah Nuri ngajar di IEC mana? duluuu… th 96 saya juga ngajar di IEC Jatinegara
April 4, 2011 at 11:33pm · Like

G. Lini Hanafiah eh, Wisma Asri ya? wah deket rumah saya juga🙂
April 4, 2011 at 11:35pm · Like

Neneng Marlia Untuk semua yang kasih jempolnya, terima kasih…semoga Sarah dan keluarga bisa tetap semangat…mohon do’anya….aminnn
April 4, 2011 at 11:50pm · Like

Neneng Marlia ‎Pratiwi Iñtan NataLia,@Rika Adinda : untuk e-booknya langsung japri aja deh sama bu Ines….
April 4, 2011 at 11:55pm · Like

Rita Lianawaty Sarah ohh sarah…
Kecil2,hebat euyy !!!
Sarah bisa, itu karna ada do’a umi dsana..
Stiap orangtua,pst menginginkan yg trbaik utk anak2nya..
Selamat ya utk sarah dan umi…
April 4, 2011 at 11:56pm · Like

Neneng Marlia Pa Heriyanto Notoseputro : Iya pa, setuju dengan masukan pa Her,terimakasih…mohon do’anya untuk kedepannya pa. Buku-buku dari pa Her juga banyak sekali memberi inspirasi buat saya dan keluarga..
April 5, 2011 at 12:01am · Like · 1

Neneng Marlia tanteNinna Meilina : makasih atas segala dukungannya, baik moril maupun materi. Sekarang sarah lagi di Telaga Golf….nginep seminggu deh disana untuk UAS….makasih banget untuk anter jemputnya, dan segalanya…
April 5, 2011 at 12:05am · Like

Neneng Marlia ‎Esty Sulistiati G. Lini Hanafiah : Iya Esty dan Lini, tepatnya sih didaerah Telaga Mas, Duta Harapan…..sebelum Wisma Asri…bikin kumpul2 dong….saya kalau ngumpul seringnya ke pasar minggu tempatnya bu Yayah…
April 5, 2011 at 4:49am · Like

Neneng Marlia Untuk semua yang kasih do’a dan semanggat, semoga segala kebaikan dan do’a juga kembali lagi pada teman-teman semua….dan Allah menjawab do’a2 kita….aminnnn
April 5, 2011 at 5:03am · Like

Heriyanto Notoseputro Subhanalloh. Alhamdulillah semoga kita bisa saling share y….
April 5, 2011 at 5:06am · Like

Wiwiet Mardiati · 93 mutual friends
kereeeenn…tetap semangaaaat ^_^
April 5, 2011 at 8:34am · Like

Devi Riana Safitri ‎*berkaca-kaca*
Maju terus ya sarah cantiik🙂
April 5, 2011 at 8:58am · Like

Lea Kesuma mrinding…Sarah..Semangaattt!!!…(^.^)/..
April 5, 2011 at 9:30am · Like

G. Lini Hanafiah yuk, kapan ya…?
April 5, 2011 at 12:48pm · Like

Dus Orpa E-book yg beri bu Ines tentang apa mbak?, Bisa saya copy ?
April 5, 2011 at 1:15pm · Like

Neneng Marlia ‎Dus Orpa: bapak, silahkan bapak berhubungan langsung dengan ibu Ines, Insya Allah, bu Ines akan menyambut dengan tangan terbuka…
April 5, 2011 at 3:22pm · Like

Nuraida Ida hebat neng , harusnya sarah masuk rekor muri ni neng. sukses ya untuk ibu and anak.
April 6, 2011 at 12:42am · Like

Neneng Marlia ‎Nuraida Ida : hai apa kabar Da ? lebayyy lo mah Da🙂 hehehe…
April 6, 2011 at 8:53am · Like

Ningsih Alnada Sani Selamat umi n sarah,tetap semangat,sukses selalu
April 7, 2011 at 6:35pm · Like

2 comments on “Awal Sarah Homeschooling

  1. semestasekolahku
    January 8, 2012

    Holy Setyowati
    SMILE – (S)ee (M)iracles (I)n (L)ife (E)veryday…. so keep on smiling, guys…

  2. Pingback: Semesta Sekolahku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 7, 2012 by .
%d bloggers like this: