Semesta Sekolahku

PILIHAN SARAH

Lihat status bunda Jul Prima Mutia di Indonesia Homeschoolers, jadi teringat note saya  tentang Sarah. Semoga kita bisa saling menguatkan, dan mendapatkan pilihan yg terbaik dari Allah…aminnn

Mei ini, tahun ketiga kami memulai homeschooling. Terutama untuk Sarah, Tegar dan Zii. Rasanya begitu cepat waktu berlalu.  Sejak bulan-bulan kemarin, waktunya kami untuk mengadakan evaluasi. Karena saat ini Sarah akan masuk ke SMA sedangkan Tegar sudah berumur 7 tahun, dan kami maju mundur untuk mulai memasukan Tegar ke SD.

 

Sarah yang nampaknya cukup berat.Dia harus memilih. Lanjut homeschooling atau daftar ke SMA. Kami benar-benar membebaskan plihan pada dia. Kami ikut sertakan Sarah di UAN agar mudah baginya bila ingin lanjut ke SMA.

Bahasa gaulnya mah galau. Itu yang saya perhatikan terjadi sama Sarah. Hari ini mau HS, eh habis chat sama temennya yang sekolah mau sekolah formal. Nanti malamnya dia curhat lagi, sayang dengan berbagai aktifitasnya yang udah jalan selama ini. Diantaranya dunia mengajar yang focus dia geluti sekarang ini.  Dan berbagai hal lain yang dia rasakan lebih enak dia HS.

 

Ini ngga terjadi sebentar. Sudah hampir tiga bulan ini dia galau. Saya hanya memberi dia masukan-masukan yang netral. Saya biarkan dia menimbang-nimbang sendiri. Abihnya mengingatkan dia untuk sholat Istikharah. Menurut abih, pilihan ini bukan pilihan main-main. Ini untuk hidup kamu kedepan selamanya.

 

Ngga disangka, dukungan untuk Sarah HS ternyata justru datang dari kedua kakaknya. Bang Ayif ,banyak membuka wawasan Sarah. Dunia yang dia geluti sekarang sebagai  graphic designer dan illustrator, adalah dunia kreatif. Dia memapar pada adiknya, segala pengalaman dan pengetahuannya. Berdasarkan pengalamannya di dunia kerja sekarang ini, yang banyak diperlukan adalah life skill. Kemampuan spesialisasi.

 

Si Abang bercerita panjang lebar pada adiknya. Termasuk dia menceritakan, bahwa dalam profesinya yang sekarang belum pernah dia memperlihatkan ijasahnya. Konsumennya, melihat dia dari porto polionya. Dia ingin Sarah terus menggali kreatifitasnya, dalam bidang apa saja.

 

Yang lucunya lagi, teh Sofwa juga berusaha meyakinkan sang adik. Bahwa pilihannya ber-HS adalah pilihan yang tepat. Untuk meyakinkan adiknya, dia sampai memperlihatkan buku-buku pelajarannya. Buku-buku cetak yang wajib dibeli disekolah, tapi sama sekali tak tersentuh. Dan beberapa buku yang selama satu semester hanya dipelajari satu atau dua bab.

“Buat gaul, gw rasa lo ngga kalah Sar sama anak-anak yang lain. Temen lo banyak, di rumah, di tempat les, bahkan lo banyak kenal anak jauh-jauh di komunitas HS. Fb dan twiter lo temennya banyak. Banyak temen gw yang sekolah dan kuliah, harusnya followers nya dia banyak, tapi masih kalah jauh sama lo” Sofwa menuturkan panjang lebar.

 

Aku membiarkan Sarah mengendapkan semuanya. Aku kasih dia waktu lagi untuk menentukan pilihannya. Tepat 2 mei kemarin. Ketika mengantar abinya Umroh ke Bandara, Sarah memeluk abinya dan berkata : “ Abih, do’ain Sarah yaa. Sarah udah mantep mau HS aja. Do’ain di Mekkah, semoga ini jadi yang terbaik buat Sarah”…..

 

Kini Sarah menikmati pilihannya, selain ngajar di IEC dia juga otodidak belajar Fotografi dan penulisan naskah iklan  ^__^

Like · · Unfollow Post · Share · Delete

    • Mira JuliaAmin. Semoga Sarah dikuatkan dan dilapangkan di dalam pilihannya.🙂

      May 14, 2011 at 10:51am · Unlike · 1
    • Noviaty FauziahGood luck Sarah.Ikut mendoakan semoga HS Sarah lancar yaaa.Selamat bersenang-senang😀

      May 14, 2011 at 10:53am · Unlike · 1
    • Devi Riana SafitriSubhanallah..insyaallah jalan sarah selalu diberkahi Allah..amiiin..*selalu bangga deh sama sarah* hugs🙂

      May 14, 2011 at 11:03am · Unlike · 1
    • Gita Lovusaaamiiinn.. semoga diberikan yang terbaik.

      May 14, 2011 at 11:48am · Unlike · 1
    • Dinar Ardanti CarasehatalameGo Sarah !

      May 14, 2011 at 11:54am · Unlike · 1
    • 최이네스You can do it Sarah.

      May 14, 2011 at 3:00pm · Unlike · 1
    • G. Lini HanafiahYaayy!! Go Sarah, go!

      May 14, 2011 at 11:05pm · Unlike · 1
    • Neneng MarliaAminnnn, terima kasih atas do’a dan dukungan dari sahabat semua….(terharu berat nihhh…..)

      May 14, 2011 at 11:08pm · Like
    • Ratna Kusuma HalimSarah tahu apa yg terbaik bagi dirinya…kami dukung doa!

      May 14, 2011 at 11:18pm · Unlike · 1
    • Ekawati IndrianiAmin.. Yang terbaik buatmu, Sarah. Doa kami, Sarah selalu ada dalam bimbinganNya. Go, Sarah!

      May 15, 2011 at 2:09pm · Unlike · 1
    • Raken Asri Mada Lestarisubhanallah…semoga Alllah memberkahi langkahmu nak….

      May 15, 2011 at 4:28pm · Unlike · 1
    • Irmayanti Nugrahakeren banget sarah!

      May 15, 2011 at 11:06pm · Like
    • subhanallah semoga pilihan tbaik buat sarah…

      May 16, 2011 at 6:43am · Like
    • aduuh,ikut terharu ketika di bagian akhirnya. sudah ada keluarga senior yg mantep dengan HSnyah. perlu banyak belajar,nih. mau,dong, dikenalin sama Sarah.^^

      May 16, 2011 at 6:49am · Like
    • Bahjah Ochaiya mba.Aku juga terharu sampai menitikkan air mata waktu baca di akhirnya.Salut buat Sarah yang sudah memutuskan keinginannya sendiri

      May 17, 2011 at 11:15pm · Like
    • Bahjah OchaAjari aku dalam berHS ya mba.Semoga berkah.

      May 17, 2011 at 11:16pm · Like
  • Write a comment…

2 comments on “PILIHAN SARAH

  1. semestasekolahku
    January 7, 2012

    Idaul HS, Sylvia Wardhani and 4 others like this.

    Vivi Fajar Kusdianto bu Neneng Marlia:..semoga Sarah sukses selalu ^^..senang membaca bagaimana keluarga Ibu mendukung dan memberi kebebasan memilih pada Sarah..
    Yesterday at 8:10pm · Like · 1

    Yohana Solihati subhanallah… T.T
    keren bgt t2h sarah..salut wat keluarga besar bu neneng…🙂
    sukses selalu smoga bs mengikuti jejaknya..
    Yesterday at 8:16pm via mobile · Unlike · 1

    Yohana Solihati semoga kel kami bisa mengikuti jejak sukses kel bu neneng…
    Yesterday at 8:17pm via mobile · Unlike · 1

    Sury Anggrainy Sukses ya Sarah…….
    23 hours ago via mobile · Like

    Neneng Marlia buat@mba Vivi Fajar Kusdianto, Yohana Solihati,Sury Anggrainy,Sylvia Wardhani, Rien Chaerani…..terima kasih atas dukungannya…:))
    14 hours ago · Like

    Sylvia Wardhani wah,terima kasih juga atas inspirasinya,mbak🙂
    13 hours ago via mobile · Unlike · 1

    Lukman Hakim semangat …!!! sukses selalu…..!!
    13 hours ago · Unlike · 1

    Jul Prima Mutia makasih bu Neneng Marlia atas suportnya…..
    10 hours ago · Unlike · 1

  2. Pingback: Semesta Sekolahku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 6, 2012 by .
%d bloggers like this: